15.3.09

hospital hotspot

Untuk kesekian kalinya aku berkunjung ke rumah sakit tempat kakak ku bekerja. bukan untuk menunggunya pulang lalu pergi belanja sebagai rutinitas kegiatan akhir minggu, apalagi untuk menyerahkan diri ke dokter dedi gara2 kadar thypoid kembali meninggi. kali ini aku datang untuk menikmati fasilitas hotspot yang disediakan gratis oleh rumah sakit sebagai bagian dari layanan excellent service.

Mejelajahi dunia maya di rumah sakit adalah pengalaman pertama yang sangat menyenangkan, terutama karena gratis. sesuatu yang gratis memang menyenangkan bukan?

Siang itu aktivitas di rumah sakit cukup ramai. beberpa pasien masih menunggu giliran bertemu dokter, ada juga yang menunggu nomornya disebut untuk mengambil obat di apotek. aku ikut meramaikan suasana dengan duduk manis dan menggelar notebook. bedanya tidak ada yang ku tunggu.

Meski aku serius menekuni sebuah situs pertemanan yang sedang menyihir dunia, namun aroma khas yang menyelimuti udara tetap mengingatkan ku bahwa aku berada di lokasi yang lebih banyak mengesankan kesuraman dan kesedihan. aku sudah terbiasa dengan ini, beberapa kali dalam 3 tahun terakhir aku mendaftarkan diri untuk menginap di salah satu kamarnya.

Aku kembali menekuni beberapa news feed yang muncul di situs pertemanan ini. beberapa menampilkan aktifitas dari kawan2 lama. kawan SMA, kawan kuliah, sampai kawan SD. ada beberapa posting foto yang masuk, kebanyakan foto2 lama. semua itu menghadirkan kembali kenangan masa lalu.

Di rumah sakit, aku menjelajah seluruh dunia dalam maya. mencari2 info beasiswa, melihat-lihat kota tujuan wisata dunia yang mungkin suatu saat akan ku kunjungi bersama suami tercinta, membuka lembaran lama memori bersama teman2.

Seketika aku tersadarkan oleh suara decit tempat tidur yang di dorong dengan tergesa melewati lorong menuju ruang ICU. dan inilah dunia nyata ku. inilah kekinian ku. jauh dari masa lalu yang telah kulewati bertahun lalu. jauh pula dari masa depan yang masih menjadi misteri.

Jadi teringat cuplikan dialog dari film Kunfu Panda
".....yesterday is history, tomorrow is mystery, but today is a gift, that's why it's call present"

Ya, hari ini adalah hadiah dari TUHAN yang kita jalani dengan nyata, jauh dari masa lalu, jauh dari masa depan. syukuri hari ini, jalani dengan sebaik-baiknya. kalau hari ini kita sedang sedih, bersedihlah, kalau hari ini kita sedang bahagia, berbahagialah, kalau hari ini kita sedang sibuk, bekerjalah, kalau hari ini kita sedang sakit, bersabarlah.

Menjelajah dunia maya di rumah sakit, menghadirkan benturan antara mimpi dan kenyataan. menghadirkan fraksi antara indahnya impian hidup dengan dekatnya kematian.

No comments:

Post a Comment