21.10.09

ghost from the past



setiap manusia pasti punya masa lalu. 
masa lalu adalah sesuatu yang membuat kita utuh. tidak bisa dihilangkan, tidak bisa ditambah, tidak bisa dikurangi. masa lalu tetap seperti adanya.

seringkali, ada bagian dari masa lalu yang ingin kita ulang. hal-hal yang sangat indah, yang menyenangkan. yang membuat kita merasa bahagia sebagai manusia. namun, sekeras apapun kita berusaha, masa lalu takkan pernah berjalan beriringan dengan kekinian yang kita jalani. keduanya akan saling meninggalkan.

terkadang ada bagian dari masa lalu yang ingin sekali kita buang. hal-hal yang mengerikan, yang sangat membebani, yang membuat kita berjalan tertunduk. bahkan terkadang, orang-orang di masa sekarang kita, menilai kita dari masa lalu yang ingin kita enyahkan itu. rasanya lebih dari sakit, ngilu.

dengan susah payah kita lari dari masa lalu yang kelam. mencoba memulai segalanya dengan yang baru.menjalani masa kekinian kita dengan cara yang sama sekali berbeda. dan hingga suatu titik, kita merasa bahwa kita telah menjadi orang yang baru dalam masa sekarang dan masa depan.

kita lupa, bahwa sebaru apapun, seberbeda apapun, hidup yang kita jalani saat ini, tak kan pernah lepas dari masa lalu yang pernah kita jalani. takkan ada masa kini tanpa masa lalu.

"you only live once, you'll never be able to create a new life, just change it, and make difference"

kita boleh berlari sejauh yang kita bisa.
kita boleh membersihkan diri sampai ke setiap pori.
kita bisa menghapus semua kenangan.

tapi masa lalu akan tetap ada. meski kita tak pernah mengenangnya.
like a ghost, it's haunting you.

jadi, berdamailah dengan masa lalu.
karena seindah apapun, takkan mungkin bisa terulang.
karena seburuk apapun, takkan mungkin bisa terbuang.

-dwizan-

No comments:

Post a Comment