12.8.10

tentang iklan

 
my random thoughts tentang iklan yang berseliweran.
libur awal puasa membuatku punya banyak waktu untuk nonton iklan di tv karena porsi iklan memang lebih banyak daripada acara tv-nya.

dan berikut adalah hasil pemikiran akibat iklan yang muncul berulang ulang sampai aku merasa nonton iklan diselingi berita, atau nonton iklan diselingi bolang, dan bukan sebaliknya.

1. iklan telkomsel dengan backsound opick mengingatkan aku pada film berjudul pay it forward.
tapi yang aneh, setelah iklan ini muter-muter dari proyek bangunan sampe naik mobil ke pedesaan, kok bisa balik lagi ke proyek bangunan terus tiba-tiba semuanya ada di desa????
ah...
padahal idenya sudah bagus. mengajak orang berbuat kebaikan dengan melakukan kebaikan berantai. tapi rangkaian kebaikan yang tercipta malah menjadi absurd dengan ending yang dipaksakan. 
jelas-jelas bapak tukang bangunan itu sedang ada di proyeknya di kota, kok tiba-tiba ada di desa.


2. iklan ponds yang versi pohon dan bench.
iklan produk ini memang memprovokasi dan menyeting standar baru tentang kata cantik. sudah banyak yang membahasnya. betapa wanita harus berkulit putih untuk bisa menarik perhatian lawan jenis. 
tapi bukan itu yang menarik perhatianku. 
adegan bahwa akhirnya si pria memindahkan pohon tempat si wanita sering membaca dan meletakkannya di belakang bench tempat dia membaca menjadikan satu kesimpulan baru.
wanita tak hanya harus cantik untuk dapat menarik perhatian pria, tapi juga harus rela "berpindah".
pindah disini yang ditandai dengan keputusan pria memindahkan pohon dan bukan memindahkan bench memiliki arti banyak. bisa pindah tempat tinggal, pindah pekerjaan, pindah keyakinan, dan pindah lainnya.
lagi-lagi produk ini menyeting standar baru dan nyaris menghilangkan emansipasi wanita dengan meletakkan laki-laki sebagai makhluk superior.

3. iklan sirup marjan versi restoran.
ga ada yang istimewa dari iklan ini. meski sering berseliweran aku ga tertarik untuk beli marjan. malahan aku pengennya beli ABC special grade karna botolnya bagus.
tapi iklan ini jadi menarik karena tiba-tiba pas lagi nonton tv bareng di ruang tengah ada yang nyeletuk. "eh, beli melon yang bijinya strawberry dimana ya???? enak kali ya, seger-seger gimana..gitu..."
hallloooo????
puasa sih puasa non...!!! masa akal sehat jadi ikutan puasa juga sih???
tapi lumayan lah buat hiburan menjelang maghrib hehehe
kejadian itu mengingatkan aku tentang isi iklan yang cenderung lebayyyyy..
yah, jauh dari kenyataan. makanya sebagai penonton yang cerdas, kita anggap aja itu sebagai hiburan. ga usah dianggap serius.
sampe jamannya monyet tanpa bulu, ga akan ketemu tuh buah melon yang bijinya strawberry :)
eh, tapi bukannya yang lebay lebay itu melanggar kode etik periklanan ya??? 

4. iklan gulaku versi terbaru
dari versi-versi sebelumnya, iklan gulaku emang enak diliat. penggunaan teknologi animasi cukup menarik perhatianku.
dan bukan cuma aku yang kepincut dengan iklan ini, manusia terkecil di rumah yang baru 2 tahun sukses dibuat tak berkutik setiap iklan ini tayang. 
kayaknya sayang banget kalo dia sampe kehilangan moment yang cuma beberapa detik itu. meski sedang asik melakukan aktifitas, dia akan berhenti sejenak dan fokus melihat iklan sampai selesai.
bagus..................nod nod nod....

5. setelah baca tulisan ga penting ini, jadi kepikiran iklan apa ya????
ga usah ikut mikir lah... ga penting....

HAPPY RAMADHAN EVERY BODY...........



No comments:

Post a Comment