29.1.12

siap-siap berpetualang di hutan






CIREBON- memilih jurusan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi bisa menjadi hal yang cukup menyita waktu dan pikiran. Menyadari hal itu, alumni SMA Negeri 1 (SMANSA) Kota Cirebon angkatan tahun 2011 mengadakan University Day untuk membantu siswa SMANSA khususnya kelas 12 agar dapat memilih dan diterima di jurusan yang tepat.
Suasana persiapan pelaksanaan University Day 2012 di lapangan Indoor SMANSA, Cirebon.

 
University Day (U-Day) yang diadakan pada hari Sabtu (28/1) mengambil tema “Your Future is Like a Jungle”. Ketua Panitia U-Day, Wisnu Setya Dharma yang merupakan mahasiswa ITB menyatakan bahwa tema itu diambil untuk memberikan gambaran kepada para siswa kelas 12 bahwa memilih jurusan di Perguruan Tinggi dapat diibaratkan seperti berpetualang di hutan. “Meski nyatanya pada saat ini telah banyak informasi yang dapat diperoleh oleh para calon mahasiswa mengenai universitas dan jurusannya, tetap saja semua informasi itu tidak cukup, malahan semakin dekat dengan waktu pelaksanaan SNMPTN semuanya semakin membingungkan”, tambah Wisnu.
Acara U-Day tahun ini melibatkan sebagian besar alumni tahun 2011 yang telah menjadi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dalam pelasanaannya yang berlangsung dari pukul 10 s.d. pukul 15.00 WIB ada beberapa agenda, yakni perkenalan alumni yang mewakili setiap perguruan tinggi, dan tanya jawab yang dilaksanakan di aula sekolah, display perguruan tinggi berupa stands yang berpusat di indoor sekolah, hingga simulasi SNMPTN yang dilaksanakan di setiap kelas.
Selama pelaksanaan U-Day, para siswa kelas 12 mendapatkan berbagai informasi dari para alumni baik yang berkaitan dengan akademik maupun non-akademik. “Informasi akademik yang diberikan tidak jauh beda dengan yang dapat diakses oleh para siswa dari situs tiap perguruan tinggi, tetapi karena penyampaiannya secara langsung oleh orang yang mengalaminya sendiri, maka informasinya jadi lebih menarik,” ungkap salah seorang siswa kelas 12. “Tetapi yang lebih menarik bagi saya sebenarnya adalah informasi non-akademik yang berkaitan dengan IKA ALUMNI SMANSA di setiap perguruan tinggi, hingga kondisi sosial, lingkungan, dan masyarakat di sekitaran kampus.”
Diharapkan, dengan adanya informasi tambahan yang diperoleh dari U-Day ini, para siswa dapat menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan minat dan karakter mereka. “Jika dunia perkuliahan diibaratkan sebagai hutan, maka informasi yang diberikan melalui U-Day adalah merupakan peta dan buku panduan pelengkap yang dapat membantu mereka untuk menjelajahi hutan”, pungkas Wisnu. (Dwi Haryanti)

1 comment: